BALI (Swaranews) – Upacara Piodalan di Merajan Ibu atau Merajan Agung dari keluarga kami Purusa I Gusti Made Gunung dilaksanakan pada 25/10/2018 pk. 17. 00 WITA.. Dihadiri oleh keluarga besar I Gusti Putu Santa anak sulung dari I Gusti Made Gunung yang diwakili oleh putranya I Gusti Agung Wardhana dan putrinya Gusti Ayu Kusuwardhani serta keluarga besar I Gusti Mawa.
Acara ritual ini dipimpin oleh mangku I Gusti Ngurah Agung. Piodalan merupakan ulang tahun pura kami sebagai peringatan mengenang jasa leluhur dan melestarikan tradisi leluhur dengan ritual persembahan Banten, Pejati, Ajuman, Tebasan, Baiwan, perangkatan berupa aneka jajan, bunga, buah sebagai kramaming dipersembahkan kepada Batara Brahma, Wisnu, Siwa, Batara Surya, Batari Sri serta Batara-Batari lainnya. Mendiang I Gusti Made Gunung merupakan leluhur keturunan Ariya Kepakisan, keturunan dari Raja Sri Aji Kresna Kepakisan Takmung, Klungkung, Bali.
“Persembahan ini sebagai bentuk bakti kepada dengan niat baik, ketulusan dan keikhlasan untuk leluhur,” jelas Mangku I Gusti Ngurah Agung.
Kemudian acara Rainan Kajeng Kliwon pada tanggal 6/11/2018 di Merajan Agung yang sama, I Gusti Agung Wardhana kerawuhan saat ritual memanggil arwah leluhurnya. “Saat kita berdoa dengan ketulusan dan keikhlasan maka kita akan merasakan kedamaian dalam hati,” ujar I Gusti Agung Wardhana. Sun