NGAWI (Swaranews) – Mewujudkan li6ngkungan yang bersih dan sehat, merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab seluruh Satuan TNI-AD di setiap wilayah tugasnya.
Seperti yang dilakukan oleh prajurit Yonarmed 12/Kostrad saat ini, Minggu, 6 Januari 2019. Meskipun memasuki akhir pekan, ternyata tak menyurutkan niat prajurit di bawah Komando Mayor Arm Ronald F. Siwabessy, untuk terus bersinergi bersama warga sekitar dalam upayanya mewujudkan lingkungan bersih dan sehat.
Kali ini, prajurit Armed 12/Kostrad bersama warga Desa Grudo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, tertuju ke sebuah saluran air yang dinilai kurang mendapat perhatian.
Itu terlihat, ketika banyaknya tumpukan sampah yang memenuhi saluran air di Desa Grudo tersebut.
Burhanuddin (52) mengatakan, kondisi saluran air yang penuh dengan tumpukan sampah tersebut, dinilai bisa menjadi pemicu terjadinya banjir. “Apalagi, sekarang sudah memasuki musim penghujan,” ungkap salah satu warga Desa Grudo ini.

Ia menambahkan, minimnya kepedulian warga di desanya, seakan menjadi kendala untuk mewujudkan lingkungan yang asri dan sehat.

“Kami sangat mendukung inisiatif dari bapak-bapak Yonarmed yang mengajak seluruh warga untuk ikut serta membersihkan saluran air di Desa ini,” ungkapnya.

Terpisah, Danyon Armed 12/Kostrad, Mayor Arm Ronald menuturkan, tak hanya saluran air saja. Namun, terdapat beberapa titik lokasi lainnya yang saat ini menjadi sasaran karya bakti oleh personelnya tersebut.

“Kita lakukan pembersihan di semua titik, terutama yang mencakup insfrastruktur umum yang digunakan oleh warga,” tegasnya.

Ditambahkannya, karya bakti seperti yang dilakukan saat ini, rencananya bakal berlangsung di beberapa Desa lain yang berada di wilayah Batalyon yang ia pimpin saat ini.

“Karya bakti ini akan terus berlanjut. Kami bersama masyarakat, akan berupaya untuk menciptakan lingkungan yang aman, bersih dan sehat,” tandas Mayor Arm Ronald, F. Siwabessy. (mar)