MALANG (Swaranews) – Gerakan Kesadaran Ekologi masyarakat di Malang Raya semakin menemukan formulasinya, menjelma menjadi gerakan rutin yang ritmenya rancak, menyenangkan dan semakin semarak. Minggu (6/1/2019) pukul 08.00-10.30 WIB di Jalur Lingkar Barat Kota Batu, gerakan penghijauan rutin mingguan, #Alamku Hijau, memasuki seri ke-8 bergerak menanam pohon sempadan di kanan-kiri jalan sepanjang kurang lebih km.

Sekitar 65 bibit pohon yang terdiri dari pohon Flamboyan, Ketepeng dan Mahoni ditanam oleh sekitar 15 orang penggiat lingkungan dari berbagai komunitas di Malang Raya: Baskomas Malang Raya, Sabers Pungli, Lawang Trail Comunity (LTC), MTA, Mbolangers dan Sahabat Bumi.

“Tidak hanya sekedar menanam, kegiatan pada setiap minggu pagi ini ternyata mampu menjadi wisata keluarga yang sehat bagi jasmani & rohani: berkeringat, menambah teman & mendidik/meningkatkan pengetahuan” ungkap Herman Aga dari komunitas Saber Pungli Batu
Tidak hanya di titik tsb, gerakan penghijauan pada hari & waktu yang sama juga dilaksanakan di Latar Ombo, Panderman oleh Sobat Bumi Indonesia Malang & di Gunung Butak oleh Lintas Organisasi Pendaki. Tak hanya melakukan penghijauan di masing-masing titik sebanyak 75 bibit pohon, berbagai elemen pendaki dari unsur mahasiswa & umum tsb hari ini sesungguhnya bersatu utk menunaikan misi utama: membersihkan gunung & hutan dari sampah. (bwo)