SURABAYA (Swaranews) – Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi menghadiri acara deklarasi dukungan dari Forum Alumni Jawa Timur. Dalam acara itu, Jokowi mendapat sebutan ‘cak’ dan ‘jancuk’ oleh para pendukungnya.

Dua gelar itu disematkan oleh pembawa acara dalam deklarasi Forum Alumni Jatim yang digelar di Tugu Pahlawan Surabaya Jawa Timur, Sabtu (2/2/2019). Pembawa acara itu mengatakan gelar ‘Cak’ memiliki arti yakni Cakap, Agamis dan Kreatif.

“Mengapa disebut Cak? Karena Cak adalah Cakap, Agamis, dan Kreatif. Itulah Cak Jokowi,” ucap pembawa acara di depan Jokowi.

Pembawa acara tersebut kembali memberikan sebutan ‘Jancuk’ kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Kata ‘jancuk’ Bukanlah Sebuah Umpatan. Namun, Memiliki Arti Yaitu Jantan, Cakap, Ulet Dan Komitmen.

“Kalau sudah Cak-nya, maka ndak komplit kalau tidak ada Jancuknya. Maka Jokowi adalah Jancuk. Apa itu Jancuk? Jantan, cakap, ulet, dan komitmen saudara-saudara,” kata dia.

Bentuk Tim Blusukan

Ketua Panitia Pelaksana Forum Alumni Jatim Ermawan menuturkan pihaknya juga akan membentuk tim blusukan untuk memenangi pasangan petahana Jokowi-Ma’ruf Amin. Mereka akan mensosialisasikan program yang dihasilkan pemerintahan Presiden Jokowi.

“Kami siap turun ke lapangan mengetuk pintu demi pintu, jadi tim blusukan untuk pemenangan dan dukungan kepada bapak presiden Jokowi untuk kejayaan Indonesia,” tuturnya di lokasi.

Jokowi menyampaikan terima kasih atas dukungan dari alumni perguruaan tinggi serta alumni SMA daan SMK di Jawa Timur. Jokowi mengaku tidak mudah mengelola sebuah negara. Untuk itu, menurut dia, butuh pengalaman memimpin untuk mengelola Indonesia.

‎”Negara ini negara besar, kelola negara itu tidak gampang. Diperlukan pengalaman terlebih dalam memerintah sebuah negara yang besar,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana, Pramono Anung, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, dan musisi Addie MS. Ada pula Cak Lontong yang meramaikan acara deklarasi ini.(Ari)