DENPASAR (Swaranews) – Wartawan Swaranews Sunardi Sutanto hadir di acara perayaaan ulang tahun tradisi Bali dengan perayaan Otonan, 17/1/2019 di pura Lan Puseh Denpasar Bali dipimpin Mangku Sri Begawan Ratu Gede.

Upacara kelahiran ini berdasarkan wuku kalender Bali 6 bulan pasca kelahiran biasanya dilaksanakan 6 bulan sekali dalam setahun. “Tujuan upacara ini untuk merefleksikan diri merubah pikiran,perbuatan, perkataan yang kurang baik menjadi lebih baik demi mencapai kesempurnaan hidup dimana manusia berasal dari Brahman dan harus kembali pada Brahman” ujar Mangku Ratu Gede.

Upacara Otonan di Denpasar berbeda karena 5 Banten Pejati terdiri dari Segahan, Sesayut Pawetuan, Dapetan dan Canang Sari lebih lengkap dibandingkan daerah Bali lainnya.
Setelah selesai upacara Otonan dilanjutkan memakan persembahan nasi, lauk ayam goreng, buah pir, rambutan dan kue pie susu khas bali.

“Saya berterima kasih kepada Hyang Widhi yang menyadarkan saya untuk kembali menjalankan tradisi leluhur nenek. Manfaatnya saya menperoleh ketenangan batin setelah menjalankan upacara tersebut habis gelap terbitlah terang,” ujar pria yang akrab disapa Sun Go Kong ini. SS