SURABAYA (Swaranews) –
Orientasi Mahasiswa Baru (ORIMARU) di Jurusan Bimbingan Konseling 2019 dan Pengabdian Masyarakat Universitas PGRI Adi Buana Surabaya telah berlangsung akhir Januari 2019. Agenda tahunan itu tepatnya berlangsung dari Senin (28/1/2019) hingga Rabu (30/1/2019) di Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Menurut Ketua Steering Committee (SC) Panitia, Enha Shofiyulloh bahwa pelaksana kegiatan ini adalah Himpunan Mahasiswa Jurusan BK Unipa Surabaya. Dia mengatakan bahwa kegiatan ORIMARU dan Pengabdian Masyarakat merupakan kegiatan yang menjadi ciri khas dari program studi Bimbingan dan Konseling di UNIPA. Dimana tiap tahun mahasiswa dan HIMA sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

“ORIMARU sendiri merupakan sarana untuk mengenal lebih dalam program Studi BK bagi mahasiswa baru, yang mana disitu mahasiswa dapat belajar tentang lingkungan progdi, keorganisasiaan, komunikasi, kepimimpinan, dan sebagainya,” ujarnya Senin (4/2/2019).

Enha mnyampaikan, Pengabdian Masyarakat sendiri dikemas dalam bentuk penanaman puluhan bibit pohon produktif di pacet mulai dari lemon, jambu kristal, dan jeruk. Selain itu, juga dilakukan pembagian sembako bagi masyarakat di desa padusan yang kurang beruntung dalam keadaan ekonomi.

“Dengan melakukan pengabdian masyarakat tentunya baru turut mengamalkan apa yang ada dalam tri dharma perguruan tinggi yakni Pengabdian kepada Masyarakat. Harapan saya dengan diadakannya acara seperti ini dapat semakin menyadarkan kita akan tugas dan peran kita sebagai mahasiswa khususnya di era Revolusi Industri 4.0 ini,” paparnya.

Sementara itu, Arfian Fatchul A selaku Ketua Organizing Committee mentakan bahwa kegiatan ORIMARU dan Pengabdian Masyarakat Universitas PGRI Adi Buana Surabaya ini merupakan pengalaaman yang menarik baginya.

“Saya sangat merasa senang melaksanakan kegiatan ini. Saya mendapatkan pengalaman dari acara kemarin yang di mana unsur kekeluargaan sangat erat di rasakan. Harapan saya semoga kegiatan seperti itu dapat terus berlangsung dan menjadi semakin baik lagi kedepannya,” harap Arfian.

Ketua Umum Hima BK Unipa Surabaya, Aksatriya Prisma Arimurti M, mengungkapkan rasa bangganya. Dia menuturkaan bahwa kegiatan tersebut memiliki manfaat dan kenangan yang tak terlupakan.

“Mahasiswa baru dapat mengenal Prodi Bimbingan dan Konseling itu sepeeti apa. Mereka juga bisa mengenal sayabat satu angkatan satu sama lain,” terangnya.

Aksatriya menambahkan, Mahasiiswa baru juga bisa mengenal dengan himpunan mahasiswa BK dan para dosen yang ada. Dia menegaskan bahwa dissini peserta bisa belajar pentingnya kebersamaan dan menjaga hubungan hubungan dengan sesama.

“Harapan Saya agar seluruh Mahasiswa mendappatkan pengalaman yang berharga. Semoga bermanfaat untuk memotivasi dalam perjuabgan hidup,” pungkasnya. (mar)