SURABAYA (Swaranews) – Perhelatan Pemilihan Walikota Surabaya masih akan berlangsung tahun depan. Namun beberapa bakal Calon mulai dimunculkan oleh beberapa īkelompok atau komunitas di Ibukotaa Provinsi Jawa Timur ini. Salah satu nama yang muncul adalah Eri Cahyadi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.

Menurut Ketua Gerakan Pemuda Progresif (GPP) Surabaya, Mohammad Syafi’i bahwa pihaknya menilai sosok walikota yang dibutuhkan oleh masyarakat kota pahlawan adalah seorang pemimpin milenial yang berpengalaman.

“Sosok milenial yang ada pada Eri Cahyadi sangat pas. Dia pasti bisa buat terobosan yang bisa membangkitkan kepercayaan publik Surabaya terhadap pemerintah,” ujar Mohammad Syafi’i, Sabtu (2/3/2019) di Surabaya Utara.

Pemuda yang juga mantan relawan pemenangan Khofifah – Emil kemarin ini menyampaikan bahwa Walikota Surabaya ke depan selain harus memiliki prestasi dalam merevitalisasi kota juga harus punya visi misi, bukan hanya sekedar memimpin.

“Sosok pemimpin Surabaya harus berpengalaman di Pemerintahan. Jika Walikota saat ini memilih taman kota dan ruang terbuka hijau sebagai tools dalam merevitalisasi kota, sosok pemimpin ke depan juga harus mencari tools yang lain dalam membangun kota kebanggaan Arek-arek Suroboyo ini,” terang Syafii.

Ketua GPP ini juga mendorong dan mendukung Eri Cahyadi maju dalam pencalonan Walikota Surabaya 2020 mendatang.

“Eri Cahyadi pernah menjabat Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kota Surabaya, setidaknya beliau mampu mengelola dalam pembangunan kota. Apalagi saat ini Eri Cahyadi menjabat Kepala Bappeko Surabaya,” jelasnya.

Pemuda yang sering memakai songkok ini menegaskan bahwa Gerakan Pemuda Progresif telah sukses mengantarkan Khofifah – Emil sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di 2018 kemarin. Masa bhakti Gubernur dan wakilnya yang akan berlangsung hingga 2024 mendatang, bisa menjadikan motivasi baginya untuk melakukan hal yang sama pada Pilwali Kota Surabaya tahun depan.

“Untuk Surabaya yang lebih baik, GPP Surabaya akan mendukung penuh Eri Cahyadi sebagai Calon Walikota Surabaya,” tegasnya. (mar)