SURABAYA (Swaranews) – Gubernur Khofifah Indar Parawansa melepas rombongan gowes Jelajah Trans Jawa dengan rute Surabaya hingga Istana Negara, Senin (4/3/2019) pagi. Para rombongan dilepas khofifah di Tugu Titik Nol Jawa Timur. Setelah itu, mereka akan bersepeda melewati samping jalan tol hingga ke titik etape di Madiun. Diperkirakan rombongan gowes akan menempuh jarak sejauh 900 km hingga sampai di Istana Negara Jakarta.

Gubernur Jatim Khofifah berpesan kepada rombongan agar mereka menyampaikan ke dunia bagaimana pembangunan infrastruktur di Indonesia, terutama di era Jokowi. “Ekspedisi bersepeda lima hari. Saya ingin saudara-saudara menyampaikan ke dunia jika ada pembangunan infrastruktur yang tercapai, bahwa ada pembangunan infrastruktur yang luar biasa di era pak Jokowi. Semoga sehat, semoga lancar,” pesannya. Sesampainya di Istana Negara nanti Khofifah berharap puluhan peserta bisa mendapat kesempatan bertemu langsung dengan Presiden Jokowi. Hal ini untuk menyampaikan bagaimana pembangunan di titik-titik yang dilewati. “Selamat jalan semuanya, semoga sehat, selamat.

Mudah-mudahan sampai di Istana Negara, mudah-mudahan Pak Presiden berkesempatan untuk menerima saudara-saudara semuanya. Selamat jalan,” lanjutnya. Sementara itu, Khofifah juga memaparkan banyak keuntungan yang bisa diambil dari bersepeda ini. Selain sehat, Khofifah menyebut bersepeda itu ramah lingkungan. “Pertama bahwa mereka menggunakan sepeda, pasti sehat dan mereka menggunakan sepeda pasti ramah lingkungan. Kemudian mereka ingin mengenali sebetulnya cerita-cerita tentang pembangunan infrastruktur itu seperti apa,” imbuh Khofifah.

Selain itu, Khofifah menambahkan dengan melihat langsung pembangunan yang terjadi, masyarakat akan percaya jika pembangunan itu nyata. “Bagi saya seeing is believing. Kalau Mereka melihat mereka percaya mereka akan melihat apa betul bahwa pembangunan ini sudah bisa dinikmati oleh seluruh warga, bangsa dengan kecepatan, dengan keamanan, kenyamanan,” ucap gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Di kesempatan yang sama, Khofifah juga mengatakan rombongan akan mampir di sebuah desa di Madiun. Di sana, mereka akan melihat bagaimana manfaat dana desa yang digelontorkan pemerintah bisa sampai ke masyarakat. “Mereka akan melihat dana desa yang begitu besar manfaatnya seperti apa yang dirasakan oleh masyarakat desa. Di Jatim mereka akan meninjau salah satu desa yang mendapatkan dana desa di Kabupaten Madiun,” kata Khofifah. (Msa)