SURABAYA (Swaranews) – “Saya ingin menjadi perwira marinir,” ujar atlet taekwondo muda penuh prestasi, Muhammad Dafa Syahfrial Sabililah ketika ditanyakan tentang cita-citanya. Alasan Dafa sapaan akrabnya. dirinya ingin mengikuti jejak kakeknya yang berhasil menjadi Perwira Marinir.

Remaja berpostur tegap dan memiliki tinggi badan 173 centimeter itu kini duduk di kelas IX SMPN 3 Surabaya serta aktif mengikuti Latihan Taekwondo Doyo Ducati Surabaya. “Saya latihan Taekwondo  sejak kelas III SD dan sampai sekarang,” ungkap Dafa singkat.

Berbicara prestasi Dava dalam beberapa tahun terakhir tidak hanya mampu meraih predikat dalam Kejuaraan Taekwondo piala Gubernur Jatim. Namun, juga Juara Piala UPN Jatim dan Kejurprop Taekwondo  2018. “Dalam Kejuaraan Piala  Gubernur saya memiliki kenangan yang menyakitkan dan menyenangkan. Menyenangkan, karena saya keluar menjadi juara di kelas remaja. Terasa menyakitkan saya harus bertanding melawan peserta Ban Hitam. Padahal waktu itu saya masih ban biru.”

“Syukur alhamdullilah berhasil mengalahkannya kendati saya setelah bertanding harus menahan sakit di daerah kemaluan karena terkena tendangan nyasar ” kenang Dava sembari tersenyum.

Tentang pantangan makanan, Dava mengakui, dirinya harus menghindari makanan pedas dan minum es serta makanan yang bebas MSG (Penyadap makanan). “Memang saya sejak kecil sudah alergi MSG atau micin” jelas Dava yang menambahkan pihaknya dituntut mengupayakan bergizi utamanya menghadapi kejuaraan.

Dava  meski sering melakukan latihan khusus jika menghadapi kejuaraan namun tetap mengutamakan pelajaran sekolah. “Bagaimana sibuknya latihan belajar harus tetap diutamakan” Tandasnya penuh semangat.

Ia berharap generasi muda seangkatanya tidak melakukan hal-hal  negatif yang dapat merugikan bangsa dan negara.”Selain belajar yang rajin juga melakukan hal positip sesuai kemampuan diri terlebih mampu meraih prestasi gemilang baik dibidang Seni maupun olahraga” terang Dava sambil mengungkapkan  pentingnta berbagi ilmu dan ketrampilan kepada sesama insan. Kris Mariyono