SURABAYA (Swaranews) – Upaya mendekatkan diri dengan masyarakat terus dilakukan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Antonius Agus Rahmanto, S.I.K, Msi. Termasuk melalui kegiatan cangkrukan yang dilaksanakan pada Rabu sore, 13 Maret 2019.

Kali ini cangkrukan digelar bersama Kelompok Nelayan Bulak di Taman Kecamatan Bulak RT 03 RW 02 Cumpat.

Acara ini dihadiri sekitar 100 orang nelayan, Kapolsek Kenjeran Kompol H Sucipto, Kasat Intel AKP Tomi Subari, Kanit Binmas Polsek Kenjeran Ipda Dwi Raharjo, kepala Kecamatan Bulak Bapak Suprayitno.

Hadir pula kepala Kelurahan Kedung Cowek, Bapak Putut, ketua RW 02 Cumpat Bapak Samiadi dan ketua kelompok nelayan Bapak Mat Simin.

Acara yang dimulai pada pukul 16.00 ini diawali dengan sambutan kepala Kecamatan Bulak Bapak Suprayitno yang mengaku sangat senang dan berterima kasih karena diundang Polres Pelabuhan Tanjung Perak dalam acara cangkrukan seperti ini.

Sebab, dengan adanya kegiatan seperti ini, dia bisa mendengarkan langsung keluhan masyarakat.

Bahkan Bapak Suprayitno berharap di waktu-waktu mendatang, dia bisa terus diundang untuk menghadiri kegiatan serupa.

Seusai sambutan kepala Kecamatan Bulak,diteruskan dengan sambutand ari Kapolres yang intinya menyampaikan agar masyarakat bersama-sama mendukung tekad Polri dalam mewujudkan Pemilu yang aman dan damai.

Kapolres menghimbau agar masyarakat saling menjaga kerukunan dan tidak menjadikan alasan perbedaan pandangan politik untuk bermusuhan.

Selain itu dia juga mengingatkan agar masyarakat hadir ke TPS-TPS pada tanggal 17 April 2019, untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu Presiden (Pilpres) maupun Pemilu Legislatif (Pileg).

Kapolres juga mengingatkan masyarakat nelayan, untuk tidak mudah terhasut dengan berita-berita negatif di media sosial, karena banyak diantaranya merupakan berita hoax. Terutama yang berkaitan dengan poltik dan isu SARA (Suku, Agama, Ras dan Adat).

Dalam kesempatan itu juga dibuka sesi tanya jawab, yang membahas tentang persoalan-persoalan kemasyarakatan dan kepolisian.

Termasuk adanya sikap arogan polisi lalu lintas saat melakukan penindakan terhadap warga yang dianggap melanggar aturan lalu lintas.

Saat itu Kapolres memastikan tidak boleh ada anggotanya yang bersikap arogan terhadap siapapun, termasuk kepada masyarakat. Dia juga meminta agar mencatat dan melaporkan jika ada anggota Polres Pelabuhan Tanjung Perak yang melakukan sikap tidak terpuji itu.

Di acara cangkrukan itu, Kapolres juga mengundang warga nelayan, untuk ikut hadir dalam kegiatan Millenial Road Safety Festival (MRSF) yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 Maret 2019 di Jembatan Suramadu.

Dalam acara itu, akan diadakan lomba dan game-game seru berhadiah mewah.Termasuk hadiah utama mobil, dimana semua masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkannya.

Menurut Kapolres saat ditemui wartawan, acara cangkrukan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian pihaknya kepada masyarakat.

“Dengan adanya acara cangkrukan seperti ini, kami bisa mengetahui apa permasalahan-persamalahan yang ada di masyarakat. Karena itu kami juga mengundang pejabat dari instansi samping untuk hadir, agar mereka juga tahu masalah yang terjadi di masayrakat dan bersama-sama menemukan solusinya,” ujar Kapolres. (Ari)