SURABAYA (Swaranews) – Jaringan Pemantau dan Riset Indonesia (JAPRI) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Kongkow Demokrasi di Hotel Holiday Inn Express Kota Surabaya.

Koordinator Wilayah JAPRI Jawa Timur, Zainuddin, S.HI sebagai inisiator agenda ini menghadirkan Zaenal Lutfi selaku Koordinator Nasional JAPRI, Chairul Anam, Ketua KPU Jawa Timur dan Aang Kunaifi selaku Komisioner Bawaslu Provinsi Jawa Timur.

“Pelaksanaan kegiatan Rakornas dan Kongkow Demokrasi hari ini adalah pemantapan pada jajaran organisasi, sebagai eksistensi dan sebagai bentuk kesiapan kami menghadapi pesta demokrasi pada 17 April mendatang,” ujar Zainuddin, Kamis (4/4/2019).

Pria yang akrab disapa Jay ini menyampaikan bahwa JAPRI mengikuti perkembangan jaman. Oleh karena itu, secara nasional pihaknya meluncurkan aplikasi “JAPRI Indonesia Milenial”.
Aplikasi tersebut bisa didownload melalui Playstore di Handphone berbasis android atau iOS.

“Ini untuk mempercepat pemantauan dan meempermudah tentunya. Jadi masyarakatpun bisa berpartisipasi disini. Tidak perlu membawa bukti dan laporan ke kantor. Cukup laporkan melalui Aplikasi Japri dan kita akan menindaklanjuti ke penyelenggara,” terang Jay.

Dirinya menambahkan bahwa kerahasiaan pelapor dijamin aman. Zainuddin nenegaskan bahwa sudah ada tim secara nasional yang akan bersinergi dengan JAPRI Wilayah Jatim.

Sekretaris Wilayah JAPRI Jatim, Muhammad Ageng Dendy Setiawan mengaku bahwa hingga saat ini telah terbentuk 17 Koordinator Daerah dari 38 Kabupaten/Kota yang ada

“Kita pastikan sebelum akhir tahun 2019 ini seluruh Korda di 38 Kabupaten dan Kota sudah terbentuk. Hal itu untuk mrnghadapi pilkada di masing-masing daerah tahun depan,” paparnya. (mar)