KOTA BATU (Swaranews) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hadir sekaligus meresmikan Kampung Hijau Tempenosaurus, di Dusun Krajan Sae, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Sabtu (6/4/2019).

Dalam kesempatan itu, Khofifah memberikan apresiasi terhadap pembangunan Kampung Hijau. Dikatakannya, selain bisa menjadi obyek wisata baru di Kota Batu, hal itu juga bisa menambah khasanah peradaban kampung mandiri.

“Ketika dunia usaha, dunia industri dan perguruan tinggi bersinergis bisa berpartner Kampung Hijau ini terwujud. Keberadaan kampung ini bisa menjadi referensi kehidupan ekonomi sosial budaya dan solidaritas sosial, apalagi nanti di kampung ini ada industri tempe dan handycraft,” ungkap Khofifah.

Keberadaan Kampung Hijau ini adalah bentuk konsistensi dari Jatim Park Group, PT Indana Paint, Perguruan Tinggi dalam hal ini UMM dan Pemkot Batu. Keberadaan Kampung Hijau Tempenosaurus ini menurut Khofifah merupakan people center development.

Kampung Hijau Tempenosaurus ini digagas oleh Kelompok mahasiswa praktikum Prospero even managemen Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Tidak hanya itu, mereka juga membuat susunan tempe yang disusun berukuran 7×5 meter. Pembuatan tempe yang ditempel mirip Dinosaurus ini dilaksanakan selama 3 hari dan dikerjakan oleh 15 orang dengan menghabiskan biaya sebesar 20 juta rupiah.

Rencana awal, tempe berbentuk dinosaurus itu akan diberi formalin dan dipamerkan di Jawa Timur Park 3. Namun, Museum Indonesia mensyaratkan untuk pemecahan rekor kategori makanan, harus bisa dikonsumsi.

Selain meresmikan Kampung Hijau, dalam kegiatan tersebut juga diberikan pemberian penghargaan pemecahan 3 rekor MURI yakni pembuatan Dinosaurus dari tempe raksasa sebesar 7x5m oleh UMM.

Pengecatan rumah terbanyak dalam Kampung Hijau oleh PT Indana Paint yang diberikan kepada Vice President PT Indana Paint Steven A Sugiharto dan pemecahan MURI Mahakarya Kebudayaan sebagai pelopor pengembangan pariwisata dan potensi lokal di Kota Batu Jawa Timur kepada Owner Jatim Park Group, Paul Sastro Sendjojo

Hadir dalam kegiatan tersebut Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko, Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto Sik MSi, Paul Sastro Sendjojo, Ayla Sarwono, Reno Halsamer, founder dan pengelola The Miracle. (Msa)