SURABAYA (Swaranews) – Pasca cuti bersama Idul Fitri 1440 H, seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur kembali aktif.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan, bahwa ASN di lingkungan Pemprov seratus persen hadir dalam hari pertama kerja. Hal itu disampaikan saat acara Halal bihalal di Halaman Kantor Gubernur, Jl. Pahlawan no. 110, Surabaya, Senin (10/6/2019).

Orang nomor satu di Jatim itu mengatakan, pihaknya bersama wagub dan sekdaprov telah melakukan monitoring yang di komandani oleh Sekda Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono.

“Pak sekda tadi pagi melaporkan kepada saya bahwa seluruh ASN hadir semua kecuali yang sedang cuti,” kata Khofifah.

Moment tersebut dikatakan merupakan awal yang baik. Ditambahkan, bahwa pihaknya juga ingin menyalurkan energi positif seluruh jajarannya. Misalnya, bersalaman yang merupakan bentuk dari penyaluran energi positif.

“Selain salaman ada juga tradisi setiap acara di pemprov, mengadakan santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa serta diiringi sholawat banjari,” ucapnya.

Menurutnya, hal itu menjadi sangat penting karena sentuhan-sentuhan seperti itu dapat meningkatkan kesholehan sosial.

“Kesolehan sosial merupakan lanjutan dari Indeks Kinerja Utama dari pakde Karwo, kita ingin mewujudkan hal itu juga agar melenturkan hati kita dan meningkatkan rasa kasih sesama manusia,” pungkasnya. (Msa)