BOJONEGORO (Swaranews) – Dalam rangka menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019, kelompok pemuda yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pemuda-pemudi Brangetan (Forkobra) Desa Brangkal, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro memiliki cara tersendiri dalam memaknai kemerdekaan. Salah satunya yaitu mengadakan lomba antar warga.

Anggota Forkobra Nur Afifullah menjelaskan bahwa melalui kegiatan tersebut diharapkan mampu membentuk kebersamaan warga.

“Kegiatan ini bersifat kebersamaan, dan nantinya juga mengembangkan daya kreatifitas, ketrampilan, ketangkasan dan sportifitas warga,” kata Afif kepada Swaranews, Minggu (28/7/2019) malam.

Ia melanjutkan, sebagai penerus bangsa sudah sepatutnya untuk memperingati, mengingat serta melanjutkan perjuangan para pahlawan.

“Nggak perlu perang secara fisik. Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk melanjutkan cita-cita pahlawan kita dalam mewujudkan Indonesia merdeka dari penjajah. Baik dari luar maupun dari dalam berupa kemiskinan, kebodohan, masalah kesehatan, dan lingkungan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, menurutnya, untuk meneruskan cita-cita para pahlawan, salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan mengajak masyarakat agar sadar terhadap karakter bangsa, kesehatan, kepedulian pada lingkungan, maupun kepedulian antar sesama.

“Harapan kami dengan adanya acara perlombaan ini, masyarakat bisa semakin sadar pada hal-hal tersebut. Sehingga, nantinya bisa diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat,” terangnya.

Selain itu, Afif juga menjelaskan bahwa diadakannya kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Tentunya, ini juga bentuk kegembiraan kami dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74,” tutupnya. (Msa)