SURABAYA (Swaranews) – Pembangkit Tenaga Listrik karya mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Universitas 17 Agustus 45 Untag Surabaya bertajuk”Raja Singa” pada Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 2019.


Tim kreasi Pembangkit Listrik Raja singa terdiri Khusnul Maulana Ibrahim-Jurusan Teknik Elektro angkatan 2016, Badriyus Sholichah Jurusan Akutansi 2017 dan Muhammad Fadil Salvado – jurusan Teknik Informatika 2017. Koordinator Tim Khusnul Maulana Ibrahim mengungkapkan, nama Raja Singa ini berasal dari singkatan elemen yang dimanfaatkan untuk Tenaga listrik, Sinar matahari, Hujan, Bising dan tekanan, disamping dilengkapi Fuzzi logic berbasis android.

Khusnul Maulana mengakui,Tenaga Pembangkit Raja Singa ini jika dikembangkan dapat mengganti tenaga listrik dari tenaga fosil yang nantinya semakin langka.
“Indonesia memiliki dua musim kemarau dan hujan, sehingga tidak jarang adanya matahari, angin, hujan dan tekanan yang semuanya dapàt menjadi tenaga listrik,” ujar Khusnul yang menambahkan dalam kompetisi dana hibah PKM proposalnya harus bersaing dengan 400 Proposal yang masuk.

“Kami berkeinginan untuk menyempurnakan Raja Singa yang sementara ini banyak memanfaatkan tenaga surya,” ungkap Khusnul sembari menambahkan Pembangkit tenaga listrik Rajasinga ini sebenarnya lebih efisien dan efektif.”Dana hibah yang kami terima sekitar 8Juta 800 Ribu Rupiah akan kami gunakan membeli perlengkapan elektro yang lebih bagus untuk menyempurnakan Rajasinga,” ujar Khusnul penuh semangat. Km