SURABAYA (Swaranews) – Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Komunikasi Massa Almamater Wartawan Surabaya (STIKOSA AWS), Himawan Mashuri mengingatkan, pentingnya STIKOSA AWS sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi komunikasi tertua di Surabaya waktunya berbenah mengejar ketertinggalan.

“Akademi Wartawan Surabaya (AWS) sebagai cikal bakal Stikosa – AWS yang lahir tahun 1964 lulusannya sebelum era 2000 an lulusannya bekerja di media massa dan di Indonesia Timur ,”kenang Imawan Mashuri yang kini menangani 50 TV swasta dan SK dibawah Jawa Pos Grup pada acara Reuni Temu Kangen Alumni AWS-Stikosa lintas angkatan. Dalam usianya 55 tahun, menurut Himawan yang juga tercatat sebagai lulusan STIKOSA AWS sekarang ini posisinya berada diantara beberapa jurusan komunikasi dari perguruan tinggi kenamaan seperti Unair, UPN Veteran Jatim, Unitomo, Untag45, UK Petra dan Universitas Ciputra Surabaya. Untuk itu kedepan, setelah 9 tahun tidak mengupayakan pembangunan fisik STIKOSA-AWS harus berbenah diri menjadi Lembaga Pendidikan Jurlistik yang memiliki kebanggaan bagi kalangan masyarakat Surabaya.

“Kami akan berupaya menggandeng pihak swasta untuk mewujudkan Kawasan Kampus Wisata dan membangun Patung Prapanca di tengah kolam yang kini masih berupa kubangan,” ungkap Himawan yang menambahkan kampus STIKOSA berlokasi berdekatan dengan aliran sungai cocok untuk pengembagan obyek wisata kota dengan dilengkapi digital. “Kubangan akan kami ubah jadi kolam ditengahnya ada patung Prapanca Penulis berdiri berjubah terbang agar dinamis. Tinggi patung sekitar 11 meter. Dibelakangnya dibangun hall untuk kuliah bisa rileks menampung 350 orang . Ada lahan terbuka bentuk taman, kantin, yang representatif dilengkapi seperti Cup becak, boleh diturunkan,” beber Himawan yang kini berupaya mencari terobosan kerjasama.

Sementara itu Ketua Stikosa-AWS DR..Ismoyo,yang sudah menduduki 2 periode dan mampu menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi didalam dan diluar negeri. Disamping itu, era kepemimpinan Ismoyo mampu mendapatkan berbagai hibah dari Kemendikti yang nilainya ratusan Juta Rupiah. “Tahun ini waktunya ada pemilihan Ketua baru dan ada rencana secara terbuka.”

Harapan Himawan, yang ingin meningkatkan jumlah penerimaan mahasiswa baru 300 orang. Menyinggung lembaga pendidikan dibawah Yayasan AWS dikatakan, ada 5 sekolah, 2 SMA dan 2 SMK dan 1 SPM AWS Prapanca. Km