GRESIK (Swaranews) – Danrem 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Inf Sudaryanto, SE., memberikan pengarahan kepada seluruh anggota Kodim 0817/Gresik bertempat di Lapangan Makodim 0817/Gresik, Jl. R.A. Kartini No.33 Gresik, Kamis (22/8/2019) pagi.

Pada kesempatannya Danrem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Inf. Sudaryanto, SE., memberikan pengarahan tentang penekanan dan himbauan dari Bapak Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Wisnoe PB., yang intinya bahwa, ” Dihadapkan tugas kedepan sebagai garda terdepan seorang anggota TNI dalam hal ini Babinsa di satuan wilayah Teritorial, hendaknya bisa memposisikan diri dengan menjalankan tupoksinya di wilayah diantaranya bisa menjalankan tugas dengan mengimplementasikan Metode Binter meliputi Bidang Bhakti TNI, Pembinaan Pertahanan Wilayah (Bintahwil) dan Pembinaan Komunikasi Sosial (Binkomsos).

” Khusus implementasi untuk Metode Binter yang satu ini yakni Pembinaan Komunikasi Sosial (Binkomsos) melalui 3 (tiga) cara diantaranya, Kegiatan Ajangsana, Menghadiri Undangan-undangan di wilayah binaan dan Melaksanakam kegiatan Komunikasi Sosial ke Tomas, Toda, Toga dan komponen masyarakat lainnya “, tegas Danrem.

Selain itu juga Danrem menambahkan penekanan dari Bapak Pangdam, untuk Babinsa sebagai aparatur wilayah yang mempunyai tugas strategis di wilayah harus bisa menjauhi kegiatan-kegiatan yang melanggar penindakan terhadap masyarakat dan bisa menyesuaikan diri dengan berperan aktif di wilayah Desa binaannya untuk bisa membina dan menjadi solusi segala permasalahan di lingkungan masyarakat binaanya.

Danrem juga menghimbau seluruh Babinsa untuk bisa mengumpulkan keterangan setiap saat guna mengantisipasi terjadinya kerawanan yang dapat memicu terjadinya konflik.

Ia menilai, keterangan yang dikumpulkan oleh prajurit (Bapulket) di setiap Satuan, dinilai sangat penting untuk rutin dilakukan guna mengantisipasi terjadinya konflik yang mungkin akan timbul di wilayah.

“Itu salah satu upaya guna mewujudkan kondusifitas wilayah dengan pemetaan daerah yang rawan terjadinya konflik dan yang aman dari konflik guna membantu tugas pokok TNI AD kedepannya “, imbuh Danrem.

Turut hadir dalam kegiatan pengarahan diantaranya Dandim 0817/Gresik Letkol Inf. Budi Handoko, S.Sos, Kasiopsrem 084/BJ Letkol Inf. Suroto, Kasdim 0817/Gresik Mayor Arh. Suwanto, para Perwira Staf Kodim, Danramil, Babinsa, Anggota dan PNS Kodim 0817/Gresik. (sub)