KEDIRI (SwaraNews) – Kebersaaan dan kekompakan masyarakat Desa tarokan Kecamatan tarokan Kabupaten kediri memang tak di ragukan. Terbukti dalam berbagai kegiatan baik bidang kemasyarakatan, kesenian maupun bidang keagamaan,
Kali ini Desa tarokan kembali membuat berbagai kalangan terkagum dengan kekompakan seluruh masyarakat, bersama pemerintahan desa yang ada saat ini. Desa Tarokan yang dipimpin oleh Supadi,SE. Ini menggelar acara bersih desa, (14/09/19) dengan berbagai kegiatan mulai dari kirab budaya dan di tutup oleh pagelaran wayang kulit.

kirab budaya yang melibatkan masyarakat dan pemerintahan desa tarokan. Kegiatan kirab budaya dengan beberapa tumpeng gunungan yang ber isi hasil panin warga tarokan diberangkatkan oleh kepala desa supadi ,SE beserta ibu dari depan kantor balai desa tarokan dan keliling menuju dusun dusun yang di setiap jalan dengan membagikan tumpeng gunungan berisi hasil pertanian desa tarokan mulai padi, jagung, kedelai, sayur mayur, polopendem atau umbi-umbian hingga buah-buahan dan palawija, dan finish kembali ke balai desa. Dengan berbusana adat jawa kepala desa dan perangkatnya membuat antusias masyarakat desa tarokan.

Dilanjutkan dengan menyaksikan pesta rakyat yang di sajikan oleh masyarakat dan pemerintah desa tarokan dalam rangka Bersih Desa yang terpusat di balai desa tersebut tampak ramai penuh sesak pengunjung. Pagelaran wayang kulit semalam suntuk oleh ki dalang tantot sutanto

Merupakan puncak kegiatan dari acara dalam rangka Bersih Desa tarokan Dalang yang namanya tak asing lagi ini membawa lakon tumurene wahyu mahkuto romo dengan bintang tamu gareng semarang dan thema bersih desa sedekah bumi.

Supadi, SE. selaku kepala desa tarokan menyampaikan bahwa seluruh rangkaian pagelaran seni tersebut dalam rangka bersih desa tarokan. Dirinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat tarokan yang telah ikut mensukseskan kegiatan tersebut.
Supadi juga berharap dari kegiatan bersih desa tersebut pemerintah desa tarokan bisa selalu melestarikan kebudayaan yang bersifat religi tersebut. “Kegiatan ini rutin yang diadakan tiap tahun sudah menjadi agenda desa tarokan. Semoga ini akan bisa selalu dilestarikan karena kegiatan Bersih Desa atau Selain ini adalah budaya Religi Desa tarokan kami masyarakat dan pemerintah Desa akan selalu berusaha melestarikanya,” jelas Supadi kepala desa tarokan.

Lebih lanjut Kades supadi berharap dari kegiatan Bersih Desa Tersebut, pemerintah desa dan seluruh masyarakat desa tarokan selalu dalam keadaan aman dan tentram, serta selalu guyup rukun sehingga Pemerintah Desa tarokan di beri kemudahan dalam melaksanakan pembangunan Desa. Er