SURABAYA (Swaranews) – Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Wisnoe, P.B resmi mengakhiri lomba komsos kreatif yang ditujukan bagi para pelajar se-Jawa Timur.
Melalui amanat yang dibacakannya, Pangdam mengatakan jika perlombaan yang digagas oleh Staf Teritorial Kodam itu, digelar guna membangun soliditas, solidaritas dan menumbuhkan semangat Persatuan dan Kesatuan di dalam diri para pelajar.

“Upaya itu, untuk meningkatkan jiwa kebangsaan dalam bingkai NKRI,” tegas Pangdam melalui amanat penutupan lomba komsos kreatif di Gedung Balai Prajurit, Makodam V/Brawijaya, Surabaya. Selasa, 17 September 2019 siang.

Tidak hanya itu, mantan Danrem 084/Bhaskara Jaya itu menegaskan jika kemenangan dalam perlombaan itu, bukanlah suatu tujuan utama. Akan tetapi, aktualisasi kembali semangat juang dan ide kreatif para peserta, merupakan hal utama yang diinginkan oleh pihak Kodam selama berlangsungnya event tersebut.

“Kegiatan lomba seperti ini merupakan agenda penting untuk dilaksanakan karena bernilai positif, yaitu dalam rangka menggali dan mengembangkan bakat para generasi penerus bangsa,” jelasnya. “Maka dari itu, kalah atau menang dalam lomba ini, bukanlah yang utama. Namun, yang diutamakan adalah nilai-nilai semangat dan rasa solidaritas para peserta,” imbuh Jenderal Bintang Dua kelahiran Kota Surabaya ini.

Untuk diketahui, terdapat beberapa kategori perlombaan dalam event tersebut. Selain perlombaan fotografer, pihak Kodam juga membuka perlombaan Tari Remo, salah satu tari khas masyarakat Jawa Timur.

Untuk lomba Tari Remo, di peringkat pertama berhasil diduduki oleh para pelajar dari perwakilan Kodim 0807/Tulungagung. Di peringkat kedua, diraih oleh peserta dari perwakilan Kodim 0821/Lumajang, dan di peringkat ketiga telah diisi oleh pelajar dari pewakilan Kodim 0815/Mojokerto. (mar)