SURABAYA (Swaranews) – Indonesia diprediksi bakal menjumpai masa bonus demografi pada 2030 mendatang. Dimana, jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) lebih besar dibanding penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun).

Untuk menyukseskan bonus demografi tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyebutkan bahwa pihaknya harus memfokuskan itu menjadi kesempatan.

“Bagaimana hal tersebut bisa menjadi peluang dan kesempatan. Anak-anak muda harus kita siapkan,” ucap Zainudin Amali di Graha KAHMI Jatim, Surabaya, Sabtu (28/12/2019).

Disampaikannya, Kemenpora juga bakal menyiapkan sejumlah program yang memiliki sinergi dengan lembaga kementerian lain yang berkaitan dengan penyiapan SDM.

“Tentunya akan bersinergi dengan lembaga kementerian lainnya yang berkaitan dengan penyiapan sumber daya manusia kita, khususnya pemuda kita,” katanya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, bahwa sinergi tersebut dilakukan agar masa bonus demografi ini mampu memberikan dampak positif bagi Indonesia.

“Supaya bonus demografi itu menjadi positif untuk bangsa dan negara,” pungkasnya. (Msa)