SURABAYA (Swaranews) – Menjelang pergantian tahun baru 2020, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghimbau kepada seluruh masyarakat Jatim agar melakukan langkah-langkah antisipasif guna menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Orang nomor satu di Jatim itu mengatakan, terlebih saat akan berangkat berlibur. Dirinya meminta, sebelum meninggalkan rumah agar memastikan bahwa listrik dan peralatan-peralatan yang masih tersambung dengan listrik bisa terantisipasi dengan aman.

“Pastikan sebelum meninggalkan rumah, kondisi semua, listrik semua, peralatan-peralatan yang masih tersambung dengan listrik semua bisa terantisipasi, dan dipastikan bahwa semua aman,” ucap Khofifah usai Penutupan Karya Bakti TNI-AL Tahun 2019 Pelaksanaan Renovasi RTLH di Pendopo Pemkab Bangkalan, Minggu (29/12/2019) siang.

Selain itu, Khofifah juga meminta, sebelum melakukan perjalanan agar memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi layak jalan. “Pastikan kita juga fokus, kalau lelah jangan diteruskan dan segeralah beristirahat. Pastikan semua harus merasa aman, yang dikendaraan aman dan orang lain pun juga harus merasa aman,” tuturnya.

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu mengaku, terkait persiapan pergantian tahun baru 2020, pihaknya telah melakukan koordinasi secara berlapis bersama Polda Jatim di Gedung Negara Grahadi maupun di Mapolda Jatim.

Dari hasil koordinasi tersebut, disebutkan bahwa pihaknya ingin melakukan pengecekan terkait persediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang kemungkinan akan bertambah sebanyak 5 persen.

“Persediaan BBM kemungkinan akan bertambah 5 persen,” tandas Mantan Menteri Sosial tersebut. (Msa)