BANGKALAN (Swaranews) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri Penutupan Karya Bakti TNI-AL Th 2019 Program Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Pendopo Pemkab Bangkalan, Minggu (29/12/2019) siang.

Program ini merupakan kerjasama Pemprov Jatim bersama Lantamal V, dan berlokasi di Dusun Labang, Desa Labang, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan.

“Sekarang ini adalah kerjasama dengan Lantamal V. Maka ada Satlak Banyuwangi, Satlak Malang,” kata Khofifah di Pendopo Pemkab Bangkalan.

Rumah tinggal layak huni, jelas Khofifah, pasti indeksnya menjadi berbeda. “Rumah itu layak ditinggali ketika jamban berbasis rumah tangga juga kita siapkan,” kata Khofifah.

Selain itu, elektrifikasi juga sudah langsung bisa dipasang. Sehingga penghuni saat masuk rumah, sudah dalam keadaan rumah teraliri listrik.

“Kemudian jamban sudah ada, kamar mandi ada. Ini Insya Allah akan memberikan suasana yang lebih kondusif bagi kehidupan yang lebih berkualitas,” tuturnya.

Untuk itu, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Lantamal V karena telah membangun sinergitas luar biasa dengan sejumlah Pemkab di Jatim dari titik-titik yang dilakukan proses pembangunan RTLH.

“Kami dari Pemprov Jawa Timur menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Lantamal V, Bapak Komandan Lantamal V dan seluruh timnya,” ucap Khofifah.

Sementara itu, Danlantamal V Tedjo Sukmono mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut belum menjumpai kendala yang cukup berarti.

“Dalam pelaksanaan belum ada kendala. Karena adanya kerjasama baik dengan pemerintah daerah,” katanya.

Sekadar informasi, adapun rumah yang direnovasi antara lain rumah milik Musyarofah dengan ukuran rumah 7×5 M2, Tomirah dengan ukuran rumah 4×6 M2, dan Lilis Suhartatik dengan ukuran rumah 4,5×7 M2. (Msa)