Swaranews.co.id – Dandim 0817/Gresik Letkol Inf. Budi Handoko, S.Sos., mengikuti kegiatan Penanaman Rumput Vetiver Penahan Longsor dan Penahan Banjir Bersama Danrem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Inf. Sudaryanto, SE., di Lahan Bantaran Sungai Kali Lamong Desa Morowudi Kec. Cerme dan Desa Boboh Kec. Menganti Kab. Gresik, Sabtu (23/02) pukul 08.00 WIB.

Kegiatan penanaman rumput Akar Wangi/Vetiver tersebut dihadiri oleh Bupati Gresik DR. Ir. H. Sambari Halim Radianto, ST., Wakapolres Gresik Kompol Dhyno Indra Setyadi, S.I.K., M.Si., Para Pasi Stafterrem 084/BJ, Jajaran Kepala Dinas Pemkab. Gresik, Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 0817/Gresik, Jajaran Kapolsek Gresik, Forkompimka Cerme dan Menganti, Kepala Desa Boboh dan Kepala Desa Morowudi berserta perangkat Desanya, Anggota jajaran Kodim 0817/Gresik, Polres Gresik, Tim Tanggap Darurat dari BPBD Gresik, Pol PP Gresik, Anggota Pramuka dan warga masyarakat sekitarnya yang hadir kurang lebih 1.000 orang.

Danrem 084/BJ Kolonel Inf. Sudaryanto, SE., mengatakan, penanaman rumput Vetiver/Akar Wangi di Lahan Bantaran Sungai Kali Lamong Desa Morowudi Kec. Cerme dan Desa Boboh Kec. Menganti ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang telah digelar di Ranu Pani Lumajang bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Pangdam V/Brawijaya di Lahan Dodik Bela Negara serta sebagai tindak lanjut dari Perintah Presiden RI Bapak Joko Widodo beberapa Bulan yang lalu.

“Tanaman Rumput Vetiver/Akar Wangi ini diharapkan mampu mencegah bencana alam seperti tanah longsor, erosi tanah dan banjir terutama di Lahan Sepanjang Bantaran Kali Lamong ini, karena akar rumput ini sangat kuat dan baik untuk menjaga kestabilan serta kontruksi lapisan tanah ,” ujarnya.

“Kegiatan penanaman rumput Vetiver ini sebagai wujud sinergitas Kodam V/Brawijaya dengan Pemprov Jatim maupun dengan segenap komponen bangsa yang ada di daerah, serta menindaklanjuti perintah presiden agar penanaman rumput vetiver ini terus digalakkan, mulai dari tingkat Kodam, Korem, dan Kodim,” tambahnya.

Perlu diketahui, rumput Vetiver ini memiliki akar yang bisa menembus hingga kedalaman 6 meter. Tentunya tidak hanya rumput vetiver saja yang ditanam, pohon-pohon yang memiliki akar kuat harus ditanam juga sebagai penguatan daya dukung tanah,” jelas Danrem.

Bupati Gresik DR. Ir. H. Sambari Halim Radianto, ST menambahkan, kami pihak Pemerintah Gresik terus menerus mendukung Program penanaman rumput Vetiver ini yang digalakkan oleh Korem 084/Bhaskara Jaya dan Kodim 0817/Gresik yang ditanam di Lahan Bantaran Sungai Kali Lamong.

” Pemda Gresik juga terus berupaya untuk berkoordinasi dengan Pemda Jatim dalam mensterilkan dan pembebasan lahan bantaran sungai Kali Lamong ini yang juga masih banyak punya warga masyarakat sekitar -+ 57 KM ini “, tambahnya. (mar)