Swaranews.co.id – Serangan hama wereng pada tanaman padi akhir-akhir ini semakin meningkat. Di beberapa wilayah Desa di Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik seperti yang sekarang dilaksanakan di Desa Pangkah Lor, Karangrejo dan Desa Ketapang Lor.

Para petani di Desa tersebut sudah merasa resah dan terancam rugi karena hama wereng batang coklat yang menyerang tanaman padinya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut agar tidak merambah di wilayah Desa yang lainnya di Kecamatan Ujungpangkah, kini Koramil 0817/13 Ujungpangkah yang dipimpin langsung oleh Danramil Kapten Arh. Sali bersama Forkopimka Ujungpangkah, Koordinator dan Penyuluh Pertanian, Gapoktan SeKec. Ujungpangkah, Poktan Desa Karangrejo dan Ketapang Lor, Perangkat Desa Pangkah Lor, para Babinsa Koramil 0817/13 Ujungpangkah melaksanakan kegiatan Pengendalian hama Wereng Batang Coklat dengan penyemprotan dilahan milik petani Desa Ketapang Lor Kec. Ujungpangkah, Jumat (28/02) pukul 08.00 WIB.

Danramil 0817/13 Ujungpangkah Kapten Arh. Sali dalam sambutannya sambil memperkenalkan diri mengatakan, “Sebagai orang baru di jajaran Muspika Ujungpangkah tentunya saya pribadi Mengucapkan kulonuwun/permisi untuk bergabung dengan seluruh komponen masyarakat yang ada di Ujungpangkah terutama masyarakat petani. saya juga kebetulan lahir dari anak petani tepatnya di Desa Sumbertebu kecamatan Bangsal kabupaten Mojokerto. Jadi tidak asing lagi dengan lahan pertanian.

“Saya sebagai pelayan masyarakat tentunya dengan senang hati untuk melayani masyarakat, bila ada kegiatan apa saja tolong kami diundang, mari kita wujudkan semboyan “Ujungpangkah berinovasi membangun nusantara”, ujarnya.

” Tak lupa juga saya memohon do’a restunya agar selalu diberikan kesehatan agar selalu bisa bersama-sama dengan masyarakat untuk mewujudkan Ujungpangkah Berinovasi Membangun Nusantara. Mohon saya juga diingatkan bila langkah saya tidak sesuai dengan budaya yang ada di Ujungpangkah “, imbuhnya.

Danramil juga menambahkan, jajaran TNI akan berupaya semaksimal mungkin membantu dan mendukung petani dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional.
“Jika petani menemui berbagai kendala di lapangan terkait tanaman padinya, dapat segera melaporkan kepada Babinsa atau PPL setempat untuk segera ditindaklanjuti langkah pengendalian untuk mengatasi kendala tersebut,” tuturnya.

” Kegiatan penyemprotan sawah yang dilakukan saat ini merupakan bagian dari usaha bersama dengan anggota Koramil bersama instansi terkait untuk mensukseskan program ketahanan pangan, karena dengan penyemprotan akan membasmi hama-hama tanaman padi khususnya wereng yang saat ini meresahkan petani. “Diharapkan produksi pertanian akan meningkat dan tujuan swasembada pangan di wilayah Kecamatan Ujungpangkah dapat tercapai,” katanya. (mar).